letusan terdasyat gunung merapi

Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Manusia Surono mengatakan, letusan Gunung Merapi pada Sabtu (30/10/2010) dini hari tiga kali lebih dahsyat ketimbang letusan pada tahun 1997, 2001, dan 2006. Yang terjadi pada Merapi kali ini menurut Surono adalah kejadian terburuk dari tiga skenario perkiraan yang diprediksi.

“Masyarakat panik karena sebelumnya memang belum pernah melihat hal seperti ini. Ada lava pijar disertai dentuman yang keras saat Merapi meletus,” kata Surono, Sabtu malam.

Menurut Surono, dari tiga skenario perkiraan yang bakal terjadi pada Merapi setelah letusan pada tanggal 26 Oktober lalu, rupanya skenario terburuklah yang terjadi. “Ada tiga skenario yang diprediksi, menurun terus atau meningkat. Yang saya tidak senangi yakni suplai magma bertambah, lalu erupsi seperti yang terjadi semalam,” kata Surono.

Surono berkelit bahwa kejadian tadi malam di luar prediksinya. “Kami sudah tahu tiga skenario itu satu bakal terjadi. Tapi, yang mengatur Merapi kan bukan kita,” ujar Surono.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: